Senin, 20 Agustus 2012

EMOSI REMAJA DAN CARA MENGENDALIKANNYA

Emosi pada dasarnya adalah keadaan serta reaksi psikologi dan fisiologi yang bersifat subyektif, dan luapan perasaan itu berkembang atau pasang surut dalam waktu yang relatif cepat.
Emosi sesungguhnya memiliki peran dan pengaruh yang sangat penting dalam menentukan kehidupan pribadi dan dan sosial seseorang., terutama remaja. misalnya, kesedihan yang sering dialami remaja dapat mempengaruhi pergaulannya. saat sedih umumnya mereka akan merasa tak ada yang peduli padanya, dan tentu itu akan membuat beban hatinya makin berat. 

Berikut beberapa cara mengendalikan emosi remaja:

1. ATUR NAFAS
tarik nafas dalam-dalam dari hidung lalu lepas perlahan dari mulut. lakukan hal ini selama 3x. mengatur nafas mampu membantu fikiran kita menjadi lebih santai.

2.BERFIKIR POSITIF
hal ini dapat kita lakukn ketika kita menghadapi atau memilih sesuatu yang rumit serta menakutkan. cobalah kuatkan diri dan berfikir "Tuhan selalu menemani kita". hal itu benar Tuhan selalu menemani kita, jadi mengapa kita mesti takut?

3. BERHITUNG SAMPAI SEPULUH
berhitunglah sampai sepuluh sebelum mengatakan atau melakukan sesuatu ketika kita marah. cara itu mampu mengendalikan emosi yang timbul sehingga kita mampu berfikir lebih jernih.

4.BERDOA
saat berdo'a kepada Tuhan hati dan fikiran kita akan menjadi lebih tenang, sehingga kita mampu menunda ekspresi negatif menjadi aktivitas positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar